Rabu, 11 Agustus 2010

GABRO


2. Gabro (Gabbro)


Batuan beku berbutir kasar, komposisi mineralnya sama yang dikandung oleh Basalt. Batuan ini berasal dari magma yang proses pembekuannya secara perlahan dan lebih dalam dari permukaan bumi (plutonik) dibanding proses pembekuan basalt, sehingga butiran mineralnya tumbuh lebih besar.

Proses Terbentuknya: Terbentuk dari magma yang membeku di dalam gunung. Termasuk batuan beku dalam. terbentuk pada suhu pembekuan yang relatif lambat sehingga bentuk mineralnya besar-besar.
Kandungan Mineral: Gabro – basalt: intermediet-mafik, mineral utama plagioklas (Ca), sedikit Qz dan K-feldspar. Gabbro – basalt foid: intermediet hingga mafik, mineral utama felspatoid (nefelin, leusit, dll), plagioklas (Ca) bisa melimpah ataupun tidak ada sama sekali. Gabro – Basalt tersusun dari magma yang bersifat basa dan terdiri dari mineral-mineral olivine.
Warna: Gelap kehijauan dan coklat bercampur putih.
Tekstur: Fanerik dengan mineral yang dapat dilihat langsung secara kasat mata dan mineral yang besar menunjukkan bahwa mineral tersebut terbentuk pada suhu pembekuan yang relatif lambat sehingga bentuk mineralnya besar-besar.
Struktur: Massive tanpa rongga atau lubang udara maupun retakan-retakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar